Program Kampus Mengajar Unikama, Meningkatkan Literasi dan Pengelolaan Perpustakaan di SDN 2 Gajahrejo

UNIKAMA – Program Kampus Mengajar bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar sekaligus mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas serta meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Sasaran utama dari program ini adalah Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah 3T (tertinggal, terluar dan terdepan). Program kerja yang difokuskan pada kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 4 yaitu peningkatan pembelajaran pada bidang literasi dan numerasi, adaptasi teknologi, dan administrasi sekolah di sekolah sasaran.

Masa penugasan program Kampus Mengajar Angkatan 4 ini dilaksanakan selama + 5 bulan, mulai dari tanggal 1 Agustus 2022 sampai dengan 2 Desember 2022. Mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) Amilatul Kibtiah dan Amalia Dwi Masitha beserta 4 Mahasiswa dari Universitas Negeri Malang menjalankan tugas mereka di SDN 2 Gajahrejo yang terletak di Dusun Sumberlele, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

Proses pemilihan buku bacaan berdasarkan kategori

Amilatul Kibtiah, mahasiswa Unikama yang bertugas ini menjelaskan selama masa penugasan berlangsung, mereka melaksanakan beberapa program kerja. Program kerja utamanya yaitu mengelola perpustakaan di SDN 2 Gajahrejo. Karena sebelumnya pengelolaan perpustakaan di SDN 2 Gajahrejo belum berfungsi dengan baik.

“SDN 2 Gajahrejo adalah satu-satunya sekolah di Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan yang memiliki ruang perpustakaan. Buku-buku yang ada di perpustakaan tersebut juga cukup banyak dan bervariasi. Mulai dari buku ajar, buku cerita bergambar, buku paket (guru dan siswa), atlas, kamus, buku cerita islami, novel, buku pengetahuan umum lainnya,” ujarnya.

Perpustakaan merupakan salah satu sarana prasarana penunjang dalam proses kegiatan belajar dan mengajar di sekolah. Perpustakaan sebagai tempat atau wadah dimana sumber belajar berada yang berisi berbagai buku atau karya tulis, karya cetak yang digunakan sebagai sumber informasi tertulis untuk memenuhi kebutuhan para pendidik maupun peserta didik. Perpustakaan juga memiliki peran penting dalam meningkatkan minat baca pada siswa.

Siswa SDN 2 Gajahrejo menikmati suasana di perpustakaan

“Oleh karena itu, pengelolaan perpustakaan perlu dilakukan dengan baik dan benar agar minat siswa terhadap membaca akan semakin meningkat. Seperti mengatur bagaimana penataan buku yang rapi pada rak sesuai jenis dan serinya, dengan begitu siswa dapat dengan mudah mencari buku yang mereka inginkan. Pengaturan tempat duduk untuk membaca agar siswa nyaman dan betah ketika membaca di perpustakaan.” imbuhnya.

Amalia Dwi Masitha, yang juga merupakan mahasiswa dari Unikama manambahkan dengan memberikan dekorasi atau gambar-gambar pada dinding perpustakaan, membuat perpustakaan menjadi ruangan yang indah dan ceria. Serta mengatur pelayanan peminjaman atau pengembalian buku yang dipilih oleh siswa agar tercatat dengan baik. Dengan adanya perpustakaan yang tertata dengan baik, diharapka siswa di SDN 2 Gajahrejo antusias untuk membaca buku yang mereka sukai di perpustakaan.

“Nantinya siswa juga dapat memperoleh pengalaman belajar selain di dalam kelas, mendapatkan banyak pengetahuan baru dan wawasan yang luas, serta dapat menanamkan kebiasaan belajar mandiri pada diri siswa.” jelas Guru Pendamping SDN 2 Gajahrejo, Samuri, S.Pd.

Kepala Sekolah SDN 2 Gajahrejo, Sumelan S.Pd, M.Si., juga menjelaskan nantinya akan mengembangkan perpustakaan sekolah menjadi lebih nyaman dan ceria yang bisa dinikmati oleh siswa maupun guru di sekolah. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Program Kampus Mengajar ini bisa memberikan dampak positif dalam pengembangan di dunia pendidikan.