SATGAS PPKS Unikama Gelar Uji Publik, Komitmen Mewujudkan Kampus Kondusif

UNIKAMA – SATGAS Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) sukses menggelar Uji Publik pada Selasa (14/05/2024) di Ruang Abdoel Radjab. Acara ini menghadirkan Iptu Saminto, S.H., Kasie Hukum Polres Malang, sebagai salah satu panelis untuk menguji para peserta yang akan menjadi anggota SATGAS PPKS Unikama.

(dari kiri) Warek I Unikama, Dr. Drs. Choirul Hudha, M.Si.; Rektor Unikama, Dr. Sudi Dul Aji, M.Si.; Iptu Saminto, S.H., Kasikum Polres Malang; dan Direktur DKA Unikama, Dr. Andi Nu Graha, SE, M.Si.

Keberadaan SATGAS PPKS (Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual) di lingkungan kampus merupakan salah satu langkah proaktif dan penting dalam menjaga keamanan serta kenyamanan bagi semua warga kampus. Menurut Dr. Sudi Dul Aji, M.Si, Rektor Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), inisiatif ini bukan hanya memberikan rasa aman, tetapi juga menegaskan komitmen universitas dalam menciptakan lingkungan akademis yang kondusif dan bebas dari segala bentuk kekerasan seksual.

Sementara itu, Dr. Andi Nu Graha, S.E., M.Si, Direktur Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni Unikama, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Iptu Saminto, S.H., sebagai panelis. “Kami sangat menghargai kehadiran Iptu Saminto yang akan membantu dalam menguji kompetensi dan kesiapan para calon SATGAS PPKS Unikama,” katanya.

Iptu Saminto, S.H., Kasikum Polres Malang memberikan penjelasan pentingnya posisi dan tugas dari Satgas PPKS

Dalam sambutannya, Iptu Saminto menekankan pentingnya pemahaman yang mendalam mengenai posisi dan tugas yang harus diemban oleh setiap anggota. Beliau menguraikan bahwa setiap anggota harus memiliki komitmen kuat untuk melaksanakan tugas dengan integritas dan profesionalitas tinggi.

“Permasalahan kekerasan seksual ini berbeda dengan kasus kriminal lainnya, sehingga pemahaman yang mendalam tentang tugas dan posisi sangat penting,” jelasnya.

Foto bersama dengan kandidat Satgas dan Tim Internal Satgas PPKS Unikama

Anindya Bidasari, S.H., M.Kn., selaku Ketua SATGAS PPKS Unikama, menyampaikan harapannya terhadap para peserta yang berhasil lolos Uji Publik. Dengan terpilihnya mereka, diharapkan setiap individu dapat mengemban dan menjalankan tanggung jawab mereka dengan baik dan integritas tinggi dalam mencegah dan menangani kasus kekerasan seksual di lingkungan universitas.

“Kami berharap para peserta yang lolos dapat menjalankan tugas mereka dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi,” tuturnya.

Acara Uji Publik ini diharapkan dapat menghasilkan anggota SATGAS PPKS yang kompeten dan siap untuk menjalankan tugas dalam mencegah dan menangani kekerasan seksual di lingkungan Unikama. Dengan demikian, Unikama dapat terus berupaya menciptakan lingkungan kampus yang aman dan nyaman bagi seluruh civitas akademika.