UNIKAMA dan UM Rintis Kerjasama untuk Program PAUD yang Lebih Baik

Unikama – Pada Selasa (2/72024), Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) memulai kerjasama strategis dengan Departemen PAUD Universitas Negeri Malang (UM). Tujuan kerjasama ini adalah untuk memperkuat kemampuan akademik dan operasional kedua institusi dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dr. Siti Muntomimah, M.Pd, Ketua Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Unikama menyatakan bahwa kolaborasi ini adalah peluang emas untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman demi meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini. Dia optimis bahwa kerjasama ini akan menghasilkan program inovatif yang bermanfaat bagi kedua universitas dan masyarakat.

“Dengan menggabungkan sumber daya dan keahlian, diharapkan akan lahir pendekatan-pendekatan baru yang lebih efektif dalam mendidik anak-anak di usia dini.” terang beliau

(kiri) Dr. Siti Muntomimah, M.Pd sedang berdiskusi dengan Dr. Pramono, S.Pd, M.Or (kanan)

Dr. Pramono, S.Pd, M.Or,  Ketua Departemen Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang juga sangat antusias, menyebut kerjasama ini akan membuka banyak peluang untuk pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat secara bersama. Langkah ini dianggap strategis untuk memperkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi di kedua institusi.

Dalam pertemuan tersebut, dibahas berbagai rencana aksi, termasuk penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bersama di kedua universitas. Rencana ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini melalui kurikulum yang lebih komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan zaman.

“Dengan adanya sinergi yang kuat antara kedua institusi, diharapkan dapat tercipta inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, pengembangan kurikulum yang lebih relevan dengan kebutuhan zaman juga menjadi salah satu fokus utama dalam kerjasama ini.” ungkap Dr. Pramono, S.Pd, M.Or

Kedua pihak sepakat untuk mengadakan pertemuan rutin untuk mengevaluasi perkembangan kerjasama dan menyusun langkah strategis selanjutnya. Hal ini bertujuan untuk memastikan semua rencana aksi berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang diharapkan.