Dua Prodi Unikama Berkolaborasi Unjukkan Kreatifitas Melalui Edu-Games

UNIKAMA – Game memang dapat dengan mudah menarik perhatian kita. Menurut beberapa penelitian bahwa mengakui bahwa game dapat meningkatkan partisipasi siswa dan memotivasi siswa untuk mengambil keputusan. Hal ini di berhasil realisasikan oleh dua program studi di Universitas PGRI Kanjuuhan Malang (Unikama) dalam pertunjukan Edu-Games pada Rabu (18/01/2023) lalu.

Kedua program studi tersebut ialah Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi Teknik Informatika (TI). Kedua prodi ini berkolaborasi menciptakan sebuah media pembelajaran berbasis teknologi.

Octavia Widiastuti, M.Pd selaku dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris menjelaskan bahwa kolaborasi ini merupakan project akhir dari mata kuliah Computer-Assisted Language Learning Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

“Ini merupakan kegiatan kolaborasi pertama dari kami. Hasil dari kolaborasi ini teman-teman telah menciptakan 12 education game. Gamenya ada yang berupa mini-adventure, ada yang model puzzle serta Advanced Reality (AR).” terangnya.

Di dalam game ini juga mencakup materi dasar bahasa inggris. Mulai dari vocabulary, listening, speaking and reading. Pembuatannya pun juga dikemas semenarik mungkin namun juga mengasah otak.

“Teman-teman mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki ide untuk kontennya yang akan dijadikan kedalam sebuah game. Oleh karena itu untuk merealisasikan game tersebut kita berkolaborasi dengan Prodi TI dimana mereka lebih menguasai pada coding gamenya nanti”. jelas Riza Weganofa, M.Pd selaku Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Ketua Prodi TI, Moh. Ahsan, S.Kom., MT menjelaskan bahwa proses pembuatan game ini memakan satu bulan. Meski begitu, kedua prodi tetap berupaya untuk mempersembahkan karya terbaik mereka. Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Dr. Teguh Sulistyo, M.Pd sangat mengapresiasi kolaborasi ini dan berharap bisa menjadi agenda tahunan agar mampu mendorong mahasiswa untuk berkreatifitas, berpikir kritis, serta mampu menjalin komunikasi.