Menu

Unikama Siap Back Up Penuh Mimpi Lulusannya

UNIKAMA – Tiap mahasiswa pasti memiliki mimpi yang berbeda jika sudah lulus. Ada yang bermimpi bisa bekerja di perusahaan ternama, ada juga yang bermimpi bisa mengembangkan bisnis dan punya bisnis yang sukses. Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) mengaku mendukung semua jalur sukses yang dipilih lulusannya baik yang ingin menjadi karyawan, maupun yang ingin memilih jalan untuk membuka usaha atau berwirausaha.

Untuk wirausaha, walau sudah memiliki Mata Kuliah (Matkul) Kewirausahaan sebanyak 2 SKS, Pusat Pengembangan Karir (PPK) Unikama masih merasa masih perlu memberikan mahasiswanya soft skill untuk pembekalan jika mereka sudah lulus.

“Kita jelas tidak bisa menyuruh mahasiswa untuk bekerja semua ataupun menjadi entrepeneur semua, tiap individu pasti berbeda, kita tetap dukung lewat program-program yang mendukung di keduanya, itu yang bagus dari Unikama,” kata Kepala Pusat Pengembangan Karir (PPK) Unikama, Khairul Bariyyah MPd ditemui pada acara DigiPreneur Training Program 2019 di Auditorium Multikultural, kemarin.

PPK Unikama pun sadar keinginlan mahasiswa berbeda. Bagi yang punya mimpi jika lulus akan menjadi karyawan, maka fasilitas dan pembekalan juga sudah dipersiapkan.

“Contohnya dengan pelatihan softskill, seperti pelatihan branding, time management, stress management, maupun profil dari perusahaan,” sebut Bariyyah.

Psikotes maupun pelatihan kerja diakuinya rutin diadakan per semester saat mahasiswa akan lulus ataupun jelang wisuda. “Tujuannya ya agar mereka tahu bagaimana sih psikotes itu, juga agar mereka tahu seperti ini lho saat rekrutmen nantinya,” terangnya.

Event tahunan ini juga selalu ganti dalam penyediaan materi untuk pembekalan soft skill bagi mahasiswa. “Harapannya nanti ketika lulus nggak bingung lagi soft skillnya terpenuhi, persiapannya juga matang memasuki dunia kerja,” tutupnya.

Unikama juga telah menjalankan MoU dalam bentuk Pelatihan Kewirausahaan dan Job Placement dalam acara semacam ini dengan, E-commerce yang sudah ternama di asia tenggara, Zilingo. (erma)