Sosialisasi Kesiapsiagaan Bencana Tanah Longsor oleh Mahasiswa Pendidika Geografi UNIKAMA

Unikama – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi dari Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) telah sukses menyelenggarakan sosialisasi mitigasi bencana tanah longsor di Dusun Gunung Tumpuk, Desa Sidoluhur, Kecamatan Lawang, pada Jumat (28/06/2024). Kegiatan ini dihadiri dengan antusias oleh sahabat Banser dan Ansor, bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat terhadap potensi bencana alam yang sering mengancam wilayah dataran tinggi ini.

Bapak Nawawi, Ketua Banser dan Ansor, menegaskan kerawanan Dusun Gunung Tumpuk terhadap tanah longsor akibat curah hujan tinggi dan angin puting beliung. “Dusun kami sangat rawan bencana tanah longsor, terutama di wilayah jalan utama dan permukiman warga,” ujar beliau.

Penjelasan mitigasi bencana oleh salah satu mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi Unikama

Dalam sosialisasi ini mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi menggunakan media presentasi berupa powerpoint dan audiovisual untuk menjelaskan pentingnya mitigasi bencana kepada masyarakat. Diskusi interaktif turut dilakukan dengan sahabat Banser dan Ansor untuk memperdalam pemahaman tentang kondisi geografis dan langkah-langkah preventif yang dapat diambil.

Dusun Gunung Tumpuk, yang rawan terhadap tanah longsor akibat curah hujan tinggi dan angin puting beliung, menjadi fokus utama sosialisasi. “Kami memilih Dusun Gunung Tumpuk karena daerah ini sangat berpotensi mengalami tanah longsor yang dapat mengancam keselamatan warga,” terang Dwi Kurniawati, M. Pd. selaku dosen pengampu mata kuliah Geografi Bencana

Menanggapi kegiatan ini, Bapak Nawawi dari Banser dan Ansor mengakui pentingnya persiapan menghadapi potensi bencana, sementara Bapak Haris, Sekertaris Desa Sidoluhur, mendukung penuh upaya sosialisasi ini sebagai langkah untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan partisipasi aktif dalam pencegahan bencana, termasuk menjaga lingkungan dan membangun sistem peringatan dini.