Unikama Mendapatkan Kepercayaan Kemnaker Sebagai Mitra TKMP

Unikama – Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) telah terpilih sebagai pelaksana Swakelola Pendampingan Tenaga Kerja Mandiri Pemula (TKMP) Tahun 2024, berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Nomor: 3/10530/PK.03.02/VIII/2024, pada Senin (5/8/2024). Program ini merupakan inisiatif dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia yang bertujuan untuk memberikan pendampingan intensif kepada tenaga kerja mandiri pemula dalam memulai, mengelola, dan mengembangkan usaha mereka. Pendampingan ini mencakup pelatihan, mentoring, serta akses ke sumber daya penting seperti modal usaha dan jaringan bisnis.

Program ini akan dipimpin oleh Pimpinan Rektorat sebagai penanggung jawab, dengan Dr. Hena Dian Ayu, M.Si., M.Pd., Ketua Pusat Pengembangan Karir dan Alumni, sebagai Leading Sector. Dukungan akan diberikan oleh tim ahli yang terdiri dari dosen-dosen berkompeten di bidang ekonomi, pemberdayaan, dan pendampingan masyarakat.

Tim Unikama yang di dampingi oleh WR I Unikama saat presentasi proposal di Kemnaker

Dr. Choirul Huda, M.Si., Wakil Rektor I Unikama Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, menyatakan rasa syukur atas kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Beliau menjelaskan bahwa hanya 15 perguruan tinggi yang terpilih untuk melaksanakan program ini. Menurut beliau ini adalah kesempatan besar untuk Unikama.

“Unikama baru pertama kali mendapatkan program seperti ini. Walaupun sebelumnya, Unikama telah beberapa kali mendapat kepercayaan dari kementerian lain seperti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop-UKM).” Tambah beliau.

Tujuan utama Unikama dalam program ini adalah meningkatkan jumlah tenaga kerja produktif, khususnya di bidang kewirausahaan, serta memberdayakan alumni Unikama. Program ini diharapkan dapat mempercepat peningkatan keterampilan dan pengetahuan peserta, sehingga mereka dapat mengelola usaha dengan lebih baik dan meningkatkan perekonomian serta taraf hidup mereka.

Dr. Hena Dian Ayu juga menambahkan langkah-langkah strategis yang akan diambil meliputi perencanaan yang matang, penyediaan pelatihan keterampilan, dan pelaksanaan monitoring serta evaluasi berkala. Harapannya adalah sinergi antara akademisi dan pemerintah dapat membantu mengentaskan kemiskinan, meningkatkan perekonomian masyarakat, serta menciptakan wirausahawan baru. Program ini juga diharapkan dapat meningkatkan keterserapan alumni Unikama di dunia kerja dan berkontribusi pada pencapaian Indonesia yang lebih baik