Menu

Membangun Startup Kreatif, BEC Unikama Gelar Workshop Kewirausahaan

UNIKAMA – Kemajuan teknologi sangat berdampak dalam perekonomian di Indonesia. Lahirnya startup baru membuat Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) ingin membuat mahasiswanya menjadi startup di dunia ekonomi kreatif. Maka dari itu, Business Entrepreneurship Center (BEC) Unikama beserta Youth Preneur gelar workshop kewirausahaan pemula berbasis teknologi bertajuk “Membangun Startup Kreatif” Rabu (30/10). Kegiatan ini diikuti sekitar 200 mahasiswa dari berbagai fakultas beserta beberapa Dosen dari Unikama. Untuk kegiatan workshop kali ini, BEC Unikama mendatangkan pemateri dari Digital Lounge (DILO) Malang diwakili oleh M. Ziaelfikar Albaba selaku Founder Indiekraf Digital Media dan membawakan topik Creative Collaboration. Pemateri kedua, yakni Dadik Wahyu Chang selaku Owner Utero Indonesia.

Dalam sambutannya Wakil Rektor IV Umiati Jawas, Ph.D sangat mengapresiasi kegiatan ini karena di Unikama sendiri sudah menekankan kegiatan kewirausahaan. “Semakin tingginya pengangguran, selaku Perguruan Tinggi kami mempunyai tanggung jawab besar akan hal itu. Kita harus menyiapkan lulusan kita untuk siap kerja dan membuka peluang usaha sendiri. Oleh karena itu, sejak tahun kemarin kami membuka Unit BEC dan menanamkan mata kuliah kewirausahaan yang harus diampu mahasiswa dari semua Program Studi (Prodi),” ungkapnya.

Hal ini merupakan langkah awal bagi Unikama untuk menekankan pentingnya mempersiapkan mahasiswa dengan keahlian kewirausahaan berbasis digital.

“Startup adalah salah satu jaminan anda untuk ikut dalam perkembangan yang ada di masyarakat sekarang, karena bagaimanapun kalau kita tidak bergerak dan memulai usaha maka tidak akan pernah berhasil,” tambahnya.

Di sela-sela memberikan materi kepada mahasiswa, Dadik Wahyu Chang selaku pemateri dari DILO juga memberikan memotivasi mahasiswa untuk memulai usaha. “Jangan pernah takut akan kegagalan, dari kegagalan tersebut kita bisa belajar memperbaiki apa saja yang membuat kita bisa gagal. Bagaiamana anda tahu dimana penyebab kegagalan anda kalau tidak pernah memulai suatu usaha,” tandasnya.

Sementara itu, Auliana Farabbanie Al Arsy, M.Pd sebagai sekertaris BEC mengharapkan mahasiswa bisa menyerap ilmu dari pemateri dan berperan aktif didalam kewirausahaan yang berproses dalam Incubator Bisnis. “Ini merupakan serangkaian acara yang akan diadakan oleh Incubator Bisnis. Jadi, ketika sudah mengikuti workshop kewirausahaan ini, anda juga harus ikut berpartisipasi dalam event yang diadakan oleh Incubator Bisnis Unikama,” tuturnya.