Mahasiswa Pendidikan Fisika dan Pendidikan IPA Unikama Raih Prestasi Gemilang dalam PHOTON II

UNIKAMA – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika dan Prodi Pendidikan IPA Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) telah meraih prestasi gemilang dalam ajang kompetisi PHOTON II yang diadakan di Universitas Siliwangi. Kompetisi ini berlangsung dari Agustus hingga akhir Oktober lalu dan melibatkan mahasiswa dari berbagai universitas di seluruh Indonesia.

Tim yang terdiri dari Infa Damayanti dan Fransiska Collin Maharani Manggil dari Program Studi Pendidikan Fisika Unikama meraih Juara 2 dalam Lomba Alat Peraga. Mereka mengungkapkan perasaan kaget dan senang atas prestasi ini. Alat peraga yang mereka buat membantu mempermudah pembelajaran fisika yang seringkali terkesan rumit, terutama dalam materi rangkaian listrik. Alat peraga ini berhasil menjelaskan dengan baik konsep rangkaian seri dan paralel serta hukum Ohm. Proses persiapan mereka cukup singkat, hanya satu minggu dari pengumuman lolos seleksi.

Tim Alat Peraga yang meraih Juara 2, Fransiska Collin Maharani Manggul (kiri) dan Infa Damayanti (kanan)

“Ini merupakan sebuah kejutan dan kebahagiaan besar bagi kami. Alat peraga yang kami buat membantu siswa memahami materi fisika yang sulit dengan cara yang lebih mudah.” ujar Fransiska Collin Maharani Manggil.

Tim Media Pembelajaran Digital, yang terdiri dari Rika Tri Intan dan Shofiyah Maulida dari Prodi Pendidikan IPA Unikama, berhasil meraih Juara Harapan 1 dalam Lomba Media Pembelajaran. Mereka mengungkapkan perasaan bangga dan senang atas prestasi ini.

Tim Media Pembelajaran yang meraih Juara Harapan 1, Shofiyah Maulida (kiri) dan Rika Tri Intan (kanan)

Dalam kompetisi ini, tim ini memilih untuk mengusung materi fisika “Hukum Kepler” menggunakan aplikasi Canva. Mereka menciptakan sebuah video animasi yang membahas hukum Kepler 1, 2, dan 3, dengan animasi yang interaktif untuk memudahkan pemahaman siswa. Meskipun persiapan singkat, kurang dari satu minggu, tim ini berhasil menyelesaikan media pembelajaran yang inovatif.

“Kami sangat bangga dengan prestasi ini, terutama dalam tim Media Pembelajaran Digital. Kami merasa kompetisi nasional ini sangat berharga dan mempunyai nilai yang tinggi untuk mendapatkan pengalaman dan pelajaran.” terang Rika Tri Intan

Meskipun persiapan kedua tim ini terbilang singkat, hasil kerja keras mereka terbayar dengan prestasi cemerlang. Mereka berharap bahwa karya mereka dapat membantu memotivasi dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam memahami materi fisika yang seringkali dianggap rumit.

Tim Alat Peraga dan Tim Media Pembelajaran Digital berencana untuk terus mengembangkan alat peraga fisika dan media pembelajaran digital untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif. Mereka juga memberikan pesan kepada mahasiswa yang ingin mengikuti kompetisi serupa, yakni terus belajar dan meningkatkan literasi serta mengikuti perkembangan media terbaru, sehingga dapat terus berinovasi dalam pembelajaran fisika serta IPA.

Dr. Muhammad Nur Hudha, M.Pd, Dosen Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Unikama sekaligus Pembina dari kedua tim tersebut menjelaskan bahwa prestasi ini bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika dan Prodi Pendidikan IPA Unikama dan membuktikan bahwa semangat dan dedikasi dalam bidang Pendidikan Fisika maupun Pendidikan IPA dapat menghasilkan inovasi-inovasi berharga yang mendukung pembelajaran di Indonesia.

“Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika dan Prodi Pendidikan IPA Unikama patut diacungi jempol atas prestasi yang telah diraih. Prestasi ini membuktikan bahwa semangat dan dedikasi dalam bidang pendidikan dapat menghasilkan inovasi-inovasi berharga yang tentunya akan mendukung kemajuan Pendidikan Fisika dan Pendidikan IPA di Indonesia.” imbuhnya