Mahasiswa Prodi PG PAUD UNIKAMA Berhasil Menebar Minat Baca dan Cinta Lingkungan di Desa Gedangan

Unikama – Mahasiswa kelas karyawan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) berhasil melalui perjalanan KKN mereka di Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Kegiatan KKN ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menerapkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) secara tim dan lintas disiplin. Selain itu, mereka juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kepribadian seperti keuletan, etos kerja, tanggung jawab, kemandirian, kepemimpinan, dan kewirausahaan. Fokus program kerja mahasiswa KKN PG PAUD UNIKAMA adalah pengembangan literasi di Desa Gedangan.

Mahasiswa KKN UNIKAMA Prodi PG PAUD memulai program mereka dengan kegiatan “Togasa,” yang merupakan singkatan dari “Tanaman Organik dan Sayur Anak Sekolah.” Kegiatan ini diadakan di RA Al KHOZINI, Desa Gedangan, yang bertujuan untuk memperkenalkan tanaman toga dan sayur kepada anak-anak usia dini. Kegiatan ini membantu mengajarkan berbagai jenis tanaman serta manfaatnya bagi lingkungan. Antusiasme anak-anak terhadap TOGASA sangat tinggi, membuktikan keberhasilan mahasiswa KKN UNIKAMA dalam menginspirasi generasi muda untuk melestarikan lingkungan.

Memperkenalkan jenis tanaman TOGA dan mempraktikan penanamannya

Lalu mahasiswa kelas karyawan Prodi PG PAUD UNIKAMA kembali melaksanakan program kerja di RA Al KHOZINI, yaitu kegiatan “Pojok Literasi.” Henni Anggraini, M.Psi, Kepala Program Studi PG PAUD Unikama, menjelaskan bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk membangun minat baca anak usia dini dan meningkatkan wawasan mereka. Kepala Sekolah RA Al KHOZINI, Sa’diyah, sangat mengapresiasi program ini.

“Dengan adanya program mahasiswa dari UNIKAMA ini, saya sangat senang karena kami belum memiliki Pojok Literasi yang memadai bagi anak-anak didik kami. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak didik kami.” imbuh beliau.

Pojok Literasi karya mahasiswa KKN

Dilanjutkan dengan puncak kegiatan mereka dengan “Workshop Pengembangan Literasi untuk Anak Usia Dini.” Acara ini dihadiri oleh 35 guru TK/RA di Desa Gedangan dan diadakan di TK DHARMAWANITA 1 Gedangan. Workshop ini diberikan oleh dosen UNIKAMA sebagai narasumber, yaitu Henni Anggraini, M.Psi, Dr. Sarah Emmanuel H. M.Psi, dan Dr. Siti Muntomimah, M.Pd. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru dalam mengembangkan literasi di lembaga mereka masing-masing.

Para guru sangat antusias dan mengapresiasi pemberian sertifikat sebagai penghargaan atas partisipasi mereka dalam kegiatan ini. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para guru dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam mengembangkan literasi pada anak usia dini. Hal ini sangat penting mengingat literasi merupakan salah satu keterampilan dasar yang sangat dibutuhkan anak dalam menghadapi masa depan.